All About Strawberry


Terletak di pinggiran kota Bandung tepatnya di Jalan Cihanjuang Cimahi, rumah yang menempati areal seluas 8000 m2 telah banyak menyedot pengunjung dari seputaran Bandung maupun dari luar kota Bandung. Pasalnya di jalan tersebut terdapat sebuah wisata serba strawberry atau All About Strawberry.


All About Strawberry ini merupakan wisata yang memiliki keunikan tersendiri karena memadukan konsep bermain di alam terbuka, berbelanja, makan, jajan hingga sekedar rendevouz. Konsep ini merupakan cita-cita untuk hari tua dan mengenang mas kecil sewaktu berada di tengah kebun strawberry bagi pemiliknya. Di lokasi All About Strawberry pengunjung diajak untuk tidak merasa jemu berjalan-jalan mengitari seluruh pelosok lokasi.
Lokasi ini merupakan lahan pribadi milik Perry Tristianto yang dibangun untuk sebuah tempat wisata keluarga. Untuk membuat lokasi ini Perry Tristianto harus merogoh kantongnya sekitar 1,2 milyar. Dana ini tidak termasuk biaya untuk membangun dan pembahuruan yang menjadi jalur utama menuju ke tempat ini.
Keberadaan wisata kebun all about strwberry juga berdampak bagi masyarakat sekitarnya karena pengelola juga melibatkan mereka dengan menyediakan lahan khusus untuk petani ikut bertanam strawberry. Selain itu mereka juga dipersilahkan menjual strawberry hasil panen ke pengunjung.
Bahkan untuk berkunjung ke lokasi ini tidak dipungut biaya sepeser pun, namun sayang bila pengunjung tidak mencicipi salah satu panganan atau minuman atau membeli oleh-oleh ala all about strawberry.
Memulai mengitari All About Strawberry
Begitu memasuki gerbang wisata strawberry jangan bingung bila langsung disuguhi berbagai tempat yang betul-betul mengasyikan untuk berkumpul, belanja dan makan. Yang jelas suasana di lokasi ini sangat ramah dan mengasyikan dengan udara yang sejuk.
Sebaiknyalah memulai dari melihat kebun strawberry yang ada di green house (rumah kaca) meski sebenarnya terbuat dari plastik atau yang di luar greenhouse. Melihat strawberry tumbuh dan berkembang dalam polibag di alam terbuka akan mengingatkan orang pada kondisi alam Indonesia yang subur. Strawberry sendiri menjadi pilihan di lokasi ini karena buah ini sangat mudah ditanam di Indonesia dibandingkan dengan menanam buah seperti anggur dan lainnya.
Kebun strawbeery yang ada di green house merupakan awal perjalanan wisata, buah strawberry menjadi pilihan di lokasi ini karena buah ini sangat mudah ditanam di Indonesia dibandingkan dengan menanam buah seperti anggur dan lainnya.
Sedangkan teknik yang dilakukan dalam penanaman strawberry yang ada didalam kaca dengan menggunakan berbagai teknik diantaranya dengan cara organik yang bermedia alam. Selain itu juga bisa dengan teknik penanaman langsung di tanah dan rempah ditambah nutrisi yang biasa di sebut hidroponik. Semua itu bisa diterapkan karena lokasi wisata yang berada diketinggian 1000 m dpl ini sangat cocok untuk menanam strwberry
Setelah melihat-lihat kebun strawberry pengunjung yang membawa anaknya atau keluarganya yang lain bisa menikmati fasilitas yang ada berupa arena permainan. Arena yang dikhususkan untuk anak-anak ini sengaja didesain secara terbuka, flying fox salah satu permainan yang disukai anak-anak ini dibangun dengan ketinggian 10 meter.
Flying fox sebuah permainan untuk menguji keberanian anak-anak dalam meluncur di ketinggian 10 meter hingga ke tanah dengan menggunakan tali. Keamanan dalam permainan ini sudah dijamin karena pengawas permianan ini selalu siaga jadi tidak usah khawatir. Kegiatan alam yang bisa menaikan adrenaline tidak hanya di permaina flying fox saja tetapi juga ada jembatan goyang yang berada di kolam renang
Setelah keberanian diuji pengunjung juga bisa bermain di jembatan goyang yang berada di atas kolam. Bila pengunjung belum puas untuk menikmati segala permainan tersebut, anda bisa menikmati relief perkampungan masa kecil yang dibangun untuk mengenang masa kanak-kanak yang indah bersama orang tua.
Suguhan lain yang bisa dinikmati bagi anak-anak berupa low rope element, Dekat dengan lokasi ini terdapat rumah mungil (hobbit house atau gendalf house) terlihat mengitari tempat bermain anak-anak tersebut. Tanah lapang dengan rumput hijau menambah suasana asri, lokasi ini juga bisa digunakan menjadi arena camping bagi anak-anak. Susana asri dan luas ini juga membuat anak-anak betah bermain berlama-lama di alam terbuka all about strawberry.
Bukan all about strawberry kalau tidak berbeda dengan lokasi wisata lain, karena di lokasi ini suasana berbelanja dan rekreasi terasa benar. Deeretan toko untuk belnaja ini dinamai “Butik Rekreatif Koe”. Ragam barang bernuansa strawberry banyak dijual di sini. Sambil berbelanja lokasi yang berdekatan dengan kolam ikan koi ini memberikan nuansa yang sangat lain, karena bisa melpas lelah sambil memandangi ikan koi di kolam maka segala penat saat berekreasi hilang seketika.
Saat kita berjalan terus memasuki kolam renang, kita menemukan rumah koboi sebagai kafe bernuansa Eropa, “bla-bla koe” adalah tema tempat ini karena selain untuk bersantai juga sebagai tempat redevouz. Setiap akhir minggu sering diadakan pergelaran musik di kafe ini.
Menikmati keteduhan alam di all about strawberry sambil meminum minuman hangat atau dingin sangatlah mengesankan. Bahkan bagi yang lapar setelah berjalan-jalan, tak jadi masalah sebab, di lokasi ini juga menyediakan beragam panganan dan minuman dengan aroma strawberry di tempat yang luas dan hampir setengah lahan ini adalah tempat untuk makan-makan. Teduhnya suasana dengan pepohonan yang rindang , akan membuat anda semakin nyaman dan kerasan.
Menuju All About Strawberry
Untuk mencapai kawasan yang sejuk dan membikin siapa saja akan betah berlama-lama di lokasi All about strawberry sangat mudah dan bisa ditempuh dengan berbagai alternatif. Bagi yang tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi ini bisa dengan menggunakan angguktan umum. Angkutan umum yang menuju ke lokasi ini sangat banyak dan langsung bisa turun di depan kebun all about strawberry. Ada beberapa jalan untuk menuju All about strawberry yang berada di kilometer 2,5 Jalan Cihanjuang, Cimahi, Bandung.
Dari Jakarta dapat langsung masuk ke Padalarang dan masuk ke arah Cimahi, di perempatan Cihanjuang Cimahi belok ke arah kiri. Tidak sulit untuk menemukannya tempat yang beralamat di Jl. Cihanjuang Km 2,5 No 17 Cimahi Bandung, Jawa Barat ini.
Bagi yang menggunakan angkutan umum bisa ditempuh dari sebelum pintu masuk dan keluar tol Padalarang, anda bisa naik angkutan umum menuju Cimahi dan turun di perempatan Cimahi. Dari perempatan Cimahi naik angkutan yang menuju ke Parongpong dan turun di kilometer 2,5 jalan Cihanjuang. Di pintu masuk terdapat patung buah strawberry yang besar, dan mintalah pada supir diturunkan di kebun all about strawberry.
Bagi pengunjung dari Lembang bisa melalui jalan utama Lembang-Cimahi dan bagi pengunjung yang ingin datang dengan menggunakan angkutan umum dari Lembang bisa menggunakan angkutan umum yang Lembang-Parongpong-Cimahi yang melewati jalan Cihanjuang.
T. Mardi Rasa

3 comments:

Sandika said...

jadi pengen makan strawberry seger neh.....

Langlang Buana said...

coba nikmati dan rasakan lezatnya strawberi dari kebun langsung

bpk roy said...

kami yang tergabung dalam CV AMP membutuhkan paprika merah, kuning dan hijau serta cabe merah besar, ubi celembu dll untuk dipasarkan di kota jambi secara berkesinambungan. kami mengetahui transportasi cepat dan murah sehingga barang tidak rusak sampai ke jambi,.,.,. kalau tertarik hub kita di 085268944744. kita bisa membahas apa yang dita anggap perlu