Melihat Pembuatan Kain Sutera Di Bogor


Penenunan benang jadi kain sutera
 Di balik kehalusan dan kemewahan kain sutera, ternyata pembuatannya sangat luar biasa. Butuh waktu lama, dari mulai bahan baku hingga jadi selembar kain (dari metamorfosis ulat jadi kepompong, kepompong diolah jadi benang, benang menjadi sehelai kain nan lembut.

Proses ini bisa disaksikan di Rumah Sutera yang berlokasi di Jalan Ciapus Raya Batugede, Tamansari, Ciapus, Bogor.


Sebelum melihat di areal seluas 4 hektar ini, pengunjung yang datang akan dibekali dengan pengetahuan tentang kehidupan ulat sutera, daun murbei, mengumpulkan kokon sutera hingga proses membuat kain sutera.

Kunjungan akan dimulai di lahan budidaya tanaman murbei yang menjadi bahan pakan ulat sutera. Di areal ini, pengunjung mendapatkan pengetahuan tentan varietas tanaman murbei, cara perawatannya dan fungsi lain yang bisa dimanfaatkan dari daun tanaman ini.

Gantungan kunci dari kokon sutera
Dari kebun, menuju ke RUK (rumah ulat kecil) yang menjadi tempat penetasan ulat sutera kecil. Di area ini pengunjung bisa belajar memelihara ulat sutera, memberi pakan dan mengolah pakan ulat sutera. Di ruangan ini ulat kecil dipelihara hingga umur 12 hari setelah menetas.

Perjalanan di lanjutkan ke RUB (rumah ulat besar), di ruangan ini pengunjung bisa melihat bagaimana ulat dewasa mulai menyelimuti dirinya agar jadi kepompong (kokon). Kokon inilah yang nantinya digunakan sebagai bahan untuk memintal benang.

Hasil kokon akan dibawa ke rumah pemasakan kokon dan pemintalan benang untuk melihat cara pemasakannya dan pemintalan benang. Di sisi lain ruangan ini akan bisa disaksikan para pekerja menenun benang sutera menjadi kain dengan alat sederhana (Alat Tenun Bukan Mesin/ATBM).  Untuk menghasilkan 1 meter kain satu orang penenun butuh waktu 1 jam.

Pengalaman unik tak terlupakan melihat perjalanan ulat sutera menjadi kain. Tapi tidak hanya itu, Rumah Sutera juga menawarkan paket pelatihan bagi siapa saja yang mau mencoba untuk usaha budidaya ulat sutera. Apalagi, lokasi ini juga menyediakan Cottage untuk menginap para pengunjung, Galeri Rumah Sutera dan Ruang Serbaguna serta Kolam Renang  dan Play Ground.

Mengunjungi Rumah Sutera tidak ada biaya apapun yang dipungut oleh pengelola. Tentunya harus mengkonfirmasikan dahulu kedatangan. Namun jika ingin melakukan tur minimal harus 30 orang. Biayanya tergantung dari paket yang dipilih dan harga tersebut sudah termasuk tour guide yang membawa berkeliling ke seluruh proses areal selama 2-3 jam.

Oleh-Oleh Unik 

Di Rumah Sutera tak lengkpa jika tanpa oleh-oleh. Berbagai buah tangan serba sutera pun bisa diperoleh di galeri, kain sutera, kerudung sutera, kerajinan sutera seperti kokon yang dijadikan gantungan kunci, teh dari daun murbei dan sebagainya.

Buah tangan berupa gantungan kunci terbilang cukup laris, penggemarnya tidak saja anak-anak tapi juga orang dewasa. Selain itu kain sutera juga menjadi incaran ibu-ibu yang datang. Kain yang dijual di galeri tersebut menjadi produk yang spesial di Rumah Sutera.

Kain sutera yang dijual beragam motifnya dari yang polos hingga yang sudah dibatik. Harga tiap helai kainnya bervariasi berkisar antara Rp. 100.000,- hingga Rp. 1 juta rupiah.

Tri Mardi Rasa 

No comments: