Natural Farm House, Untuk Yang Ingin Merasakan Jadi Petani

Suasana di Natural Farm House
Kehidupan petani sungguh sangat menakjubkan, mereka bekerja sejak pagi hingga sore hari. Atraksi ini bisa dilakukan wisatwan yang datang di Natural Farm house (NFH).

Terletak di desa Langensari, Lembang, Bandung, Jawa Barat, Natural Farm House memberikan banyak pengetahuan dan belajar tentang pertanian organik terpadu di lahan yang tidak luas. Dengan suasana pedesaan di Natural Farm House sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga dan anak-anak.

Namun, sebelum mepraktikan kegiatan bertani layaknya yang dilakukan seorang petani, pengunjung akan diajak berkeliling mengenal hewan, manfaatnya dan menjadikan kotoran hewan untuk pupuk dan sebagainya.

Bahkan bagi anak-anak, sudah disiapkan berbagai sarana praktek budidaya pertanian sederhana mulai benih, hingga medianya. Bahkan hasil karyanya itu pun bisa dibawah pulang sebagai oleh-olehnya. 

Menjadi Petani 
Pertanian di halaman rumah
Sementara itu, bagi pengunjung baik anak-anak maupun orang dewasa bisa mengikuti kegiatan seperti yang dilakukan petani sehari-hari. Tentunya, akan memberi pengalaman yang tak terlupakan meski hanya sehari. 

Kegiatan, di mulai sejak pagi hingga sore seperti layaknya kegiatan petani saat mengelola lahan kecil secara terpadu. Memerah sapi, membersihkan kandang, membawa sebagaian susu sapi ke koperasi dan menyisakan sebagaian untuk kebutuhan sendiri. 

Lalu, dilanjutkan dengan memberi pakan ternak, seperti ayam, kambing hingga sapi perah. Sekaligus membersihkan kandang ayam, kambing, bebek dan sebagainya. Selepas itu, berlanjut di kebun membersihkan gulma, memotong rumput, menyiram tanaman, menanam sayuran, memanen sayuran untuk makanan siang dan malam hari hingga jelang makan siang. 

Salad Bunga Ala NFH
Seusai makan siang dan istirahat, kegiatan berlanjut membuat kompos dari kotoran ternak untuk pupuk. Oleh karenanya, tidak boleh ada yang tidak tepat waktu sehingga ketinggalan. Kegiatan ini, untuk belajar menghargai waktu, disiplin dan melatih kesabaran serta ketelitian.

Semua kegiatan terjadwal dan dalam bimbingan pihak pengelola. Apalagi saat acara sudah berakhir sajian semangkok salad bunga unik yang disajikan oleh pemiliknya yang terdiri dari beragam macam bunga yang sehat. 

Untuk rasanya silahkan coba sendiri ke Natural Farm House. entunya berwisata di Natural Farm House menyenangkan dan memberikan kesan mendalam. 

Tri Mardi Rasa


Natural Farmer House
Jl. Buniwangi No.184, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391
Telepon: (022) 2787485

No comments: