Mengenal Tanaman Hias Di Kebun Wisata Inkarla

Bunga bermekaran di Inkarla
Foto : Tri Mardi Rasa
Menghirup udara segar pegunungan, merasakan hembusan semilir angin dan mendengarkan suara gemericik air, sesekali suara kicau burung pun terdengar.

Suara alam dan panoramanya yang indah tersebut banyak diyakini mampu mengembalikan energi positif pada manusia. Gambaran tersebut bisa dinikmati di Kebun Wisata Inkarla (KWI) yang berada di kawasan Cibodas Jawa Barat.


Merawat tanaman bunga
Foto : Tri Mardi Rasa
Berlibur diakhir pekan sambil menikmati perbukitan bisa jadi pilihan bagi anak-anak dan keluarga. Apalagi jika bisa tinggal atau bermalam di tengah kebun bunga yang sedang bermekaran.

KWI menawarkan perpaduan antara keindahan dan alam pegunungan dan bisa jadi tempat yang pas buat yang butuh suasana indah, tenang dan nyaman atau hanya sekadar menikmati panorama pegunungan yang selalu sejuk dan segar.

Dibangun di atas tanah seluas 3 hektar dengan ketinggian 1200 – 1500 meter dpl, KWI memiliki berbagai atraksi wisata diantaranya memetik bunga, menanam bunga dan melihat bagaimana cara merawat tanaman bunga. Di KWI juga terdapat Green House tanaman hias, tempat pembibitan dan fasilitas untuk budidaya tanaman hias, bungalow dan kolam renang air panas.

Keindahan Peredam Stress

Keindahan panoramanya menakjubkan
Foto : Tri Mardi Rasa
Tempat berlibur yang indah dan nyaman
Foto : Tri Mardi Rasa
Pengunjung akan terpesona akan suasana yang ada di KWI ini. Pasalnya begitu masuk halaman depan jajaran tanaman hias dengan berbagai kombinasi warnanya seolah menyambut setiap pengunjung yang datang. 

Mata pengunjung biasanya langsung tertuju pada serangkaian anggrek yang berbunga mekar di samping front office. Tak heran jika pengunjung selalu terkagum dengan berbagai tanaman hias yang ada di Inkarla.

Memang Inkarla merupakan tempat wisata dan belajar bagi pengunjung yang ingin tahu tentang berbagai ragam tanaman hias, perawatannya dan sebagainya. Memang, banyak yang datang hanya melihat-lihat saja, tapi Inkarla menyediakan pemandu bagi pengunjung yang sengaja datang ingin belajar tentang tanaman hias.

Pengunjung diajak melihat bagaimana menanam bunga hingga memanen bunganya tersebut. Biasanya pihak pengelola akan mengarahkan pengunjung untuk memilih jenis tanaman yang cocok untuk di halaman rumah, daerah tempatnya tinggal dan lain sebagainnya.

Wisata dan belajar tenaman hias
Foto : Tri Mardi Rasa
Kebanyakan tanaman yang ada di KWI ini berasal dari daerah Indonesia, tapi pengelola juga mendatangkan berbagai tanaman hias terutama bunga dari luar negeri seperti crysant, anyelir, selosia, juga beberapa bunga dari negeri Belanda seperti astromeria, dan peacock.

Tidak hanya sekadar tempat wisata saja, Inkarla juga menyediakan berbagai fasilitas untuk kegiatan lain seperti arisan keluarga, pertemuan, arena bermain untuk anak-anak dan lain sebagainya. Bagi anak-anak yang ingin menguji ketrampilan menemukan jalan keluar ada arena labirin yang cukup menarik untuk di coba.

Cocok untuk wisata bersama keluarga 
Foto : Tri Mardi Rasa
Setelah lelah berkeliling menikmati keindahan tanaman hias di seluruh sudut Inkarla, pengunjung bisa menghilangkan lelah dan penat dengan berendam di kolam renang air panas yang juga disediakan bagi pengunjung.  Udara segar, panorama pegunungan dan hamparan tanaman bunga berwarna-warni mampu menyegarkan kembali tubuh dan pikiran pengunjung untuk kembali pada rutinitas kehidupannya. Dan tidak ada salahnya jika usai berkunjung untuk menyempatkan membeli buah tangan berupa bunga-bunga cantik untuk di rumah.

Lokasi Kebun Wisata Inkarla

Menuju Kebun Wisata Inkarla bisa ditempuh melalui jalur Puncak Bogor dengan melewati perkebunan teh dan Puncak Pass. Dari Jakarta sekitar 98 km dengan waktu tempuh antara 2 jam sampai 3 jam (tergantung kondisi lalu lintas) hingga di persimpangan Paragajen arah ke kanan menuju Cibodas.

Untuk jalur lain seperti dari Bandung, Sukabumi, dan Cianjur bisa menjadikan Istana Presiden di Cipanas patokan awal. Dilanjutkan kea rah Rumah Sakit Cimacan, pertigaan Paragajen lalu mengarah ke jalur kiri menuju Cibodas.

Dari pertigaan tersebut Kebun Wisata Inkarla berada di sebelah kiri (ikuti petunjuk arah) atau sekitar 100 meter sebelim pintu gerbang Kebun Raya Cibodas. Alamat : Jalan Singabarong, Cimacan, Cipanas, Cimacan, Cianjur, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253. Telepon : 0263-511130

Tri Mardi Rasa

No comments: