Sentul Fresh Farm Belajar Memerah Susu Sapi

Memerah susu sapi di Sentul
Foto : Dok SFF
Susu sapi murni baik untuk kesehatan sebab mengandung protein tinggi. Selain itu, mengkonsumsi susu murni lebih aman dan sehat. 

Nah tentunya sangat mengasyikan bisa menikmati susu sapi sekaligus menyaksikan pemerahannya atau mengetahui perjalanan susu sapi dari kandang hingga siap minum dan merasakan menjadi peternak sapi perah.




Memberi makan ikan di kolam
Foto : Dokumen SFF
Atraksi memikat ini, bisa dinikmati di Sentul Fresh Dairy Farm sekaligus tempat belajar bagi anak-anak usia sekolah. Di tempat ini, anak-anak dari kelas bermain hingga mahasiswa bisa mendapat pengetahuan tentang peternakan sapi perah, proses susu hingga pembuatan youghurt.

Bahkan bisa merasakan layaknya peternak sapi perah yang selalu menjaga dan merawat sapi-sapinya agar menghasilkan susu berkualitas. Sentul Fresh Farm terletak di Kp Cijulang, Desa Cadasngampar, Sukaraja Bogor, Jawa Barat yang bisa menjadi tempat memperluas pengetahuan tentang susu sapi perah. 

Untuk itu, pengelola selalu memberikan penjelasan mengenai seluk beluk peternakan sapi sebelum berkeliling ke lokasi kandang. Semua itu disampaikan dengan cara yang paling mudah dipahami oleh anak-anak dan menyenagkan karena diselingi dengan canda dari penyaji.

Memberi Pakan sapi
Setelah itu, pengunjung di giring untuk menuju ke kandang sapi. Tapi, sebelumnya diajak untuk memberikan pakan ikan di kolam, kecipak ikan di air berebut pakan merupakan daya tarik tersendiri bagi anak-anak. 

Perjalanan di teruskan dengan memberi pakan pada burung dara yang berterbangan di seputar kadang. Semua itu, merupakan bagian dari atraksi untuk pengunjung. 

Perjalanan berlanjut ke kandang sapi berkapasitas 100 ekor ini dengan pemandu yang bercerita mengenai kandang pemeliharaan, jenis sapi hingga memerah susu. Pemandu mencontohkan cara memberikan pakan hijauan kepada sapi kepada pengunjung terutama anak-anak.

Anak-anak didampingi oleh ahli
untuk memerah susu
Satu per satu anak-anak pun mencoba, bahkan yang awalnya takut pun mulai berani untuk memberikan rumput ke mulut sapi. Pemberian pakan ini memang untuk memberikan rasa percaya diri pada anak-anak agar tidak takut pada ternak. Bahkan mereka tak takut lagi untuk ikutan naik di atas pedet (anak sapi)

Pengalaman makin bertambah dengan melibatkan langsung mereka memerah susu. Meski di peternakan ini sudah menggunakan alat penyedot susu, namun pengunjung yang datang justru memerah sapi dengan tangan. Praktik memerah susu sapi ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagikan bagi anak-anak akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan hingga kelak dewasa.

Memberi pakan burung merpati
Keriang pengunjung terlihat hingga kembali ke Pendopo, sebab atraksi lain yang tak kalah menariknya adalah membuat youghurt dan sekaligus mencoba susu sapi murni dan youghurt.

Bagi pengunjung yang kelelahan setelah berkeliling bisa menikmati angin sepoi-sepoi di bawah rindangnya pohon rambutan. Atau memberi makan dan melihat rusa totol, saat istirahat setelah menjadi peternak sapi perah.

Ada beragam paket wisata ketika mengunjungi Sentul Fresh Farm seperti paket sentulfresh for kids, sentulfresh for young, dan sentulfresh for family. Untuk biaya paket tersebut bisa mengunjungi langsung ke lokasi atau menghubungi pihak pengelola di alamat : Kampung Cijulang, RT.03/RW.03, Cadas Ngampar, Kec. Sukaraja, Bogor, Jawa Barat 16710 dengan nomer telepon 0813-1139-8801

Tri Mardi Rasa

No comments: