Jadi Petani di Pasirmukti

Riang bermain di sawah
Foto : Tri Mardi Rasa
Keriangan anak-anak terlihat saat mereka jatuh dikubangan air, bermain lumpur, menanam, memetik buah dan sebagainya. Celoteh anak-anak riang itu ketika mengikuti paket wisata di kebun wisata Pasirmukti. Suasana ini, bagi sebagian orang tua mengingatkan mereka pada masa kecil sewaktu hidup di desa.

Kebun Wisata Pasirmukti atau Ka We Pe terletak tidak jauh dari Jakarta, yaitu di Citeureup, Bogor, Jawa Barat. Di Ka We Pe, mereka akan melihat secara langsung kehidupan di pedesaan, berinteraksi dengan masyarakat desa, bermain lumpur yang selama ini jarang mereka rasakan di kota.

Belajar menanam padi
Foto : Tri Mardi Rasa
Kebun wisata ini sangat ramah lingkungan, ada hamparan sawah, kebun buah, kolam ikan, kebun bunga hingga penginapan. Sehingga pengunjung bisa bersantai, belajar tentang pertanian, seperti menanam padi, menanam pohon buah, bertanam anggrek, membajak sawah, memberi pakan ayam, itik, angsa, ikan, memasang umpan di kail dan lain sebagainnya.

Menjadi Petani Tanaman Hias dan Buah 

Atraksi ikut membajak sawah 
Foto : Tri Mardi Rasa
Berkebun dan bertani mendominasi di Ka We Pe. Ada sekitar 200 jenis tanaman seperti, pohon rambutan, jambu, anggrek, belimbing, jeruk, hingga padi.

Menjadi petani bunga anggrek 
Foto : Tri Mardi Rasa
Pengunjung akan diajak untuk mengamati dan mempelajari aneka tanaman buah tropis, memetik buah, berkebun di lahan sempit, pelatihan menanam buah dalam potdan kebun anggrek.  Bahkan hasil praktek pengunjung bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Kegiatan petani dari mulai menanam hingga menumbuk padi hingga proses ke penggilingan menjadi tontonan menarik yang bisa diikuti oleh para pengunjung. Sehingga pengunjung yang datang benar=benar bisa merasakan bagaimana kehidupan seorang petani.

Setelah belajar berkebun, memetik buah, bersawah pengunjung yang datang tidak mau berdiam diri saja mereka biasanya berjalan keliling kebun, mereka juga menghabiskan waktunya dengan kegiatan lain hingga lokasi ini tutup.

Lelah Tak Jadi Masalah 


Melihat Drama Kehidupan Petani 
Foto : Tri Mardi Rasa
Bagi yang sudah kelelahan setelah berkeliling bisa memanfaatkan saung-saung yang disediakan untuk beristirahat. Di saung ini pula pengunjung bisa menikmati beraneka makanan dari resto yang ada.

Pengunjung yang merasa tidak cukup menikmati keindahan seperti alam pedesaan di Pasirmukti dalam sehari. Jangan khawatir, beberapa pondok penginapan yang senyaman hotel berbintang pun ada. Jangan lupa, cobalah untuk menikmati suara alam bebas di Ka We Pe.

Menuju Lokasi Wisata


Ka We Pe sangat mudah dijangkau, butuh waktu 15-20 menit dari pintu tol Citeureup. Dengan catatan tidak ada macet di Pasar Citeureup. Panduan menuju Ka We Pe ada di setiap pertigaan jalan menuju lokasi sehingga rambu ini mempermudah pengunjung.

Sesampai di Pasar Citeureup anda harus bersabar karena di pasar ini angkutan kota berhenti seenaknya (ngetem), macet pun sepanjang 300 meter. Bagi yang tidak berkendaraan prbadi bisa naik angkot atau  naik ojek dari Pasar Citeureup.

Tri Mardi Rasa


No comments: