Taman Anggrek Ragunan Belajar Merawat Perawatan dan Budidaya Anggrek

Merawat anggrek perlu kasih sayang, lambang kasih sayang itu akan terlihat dari kuntum bunga mekar. Mekar segar yang menandakan sang empunya telah merawatnya dengan sentuhan kasih sayang. 

Ingin menikmati indahnya anggrek yang tumbuh mekar tanpa harus merawatnya, datanglah ke Taman Anggrek Ragunan (TAR). Memasuki gerbang TAR suasana hijau dan teduhnya.



Jalan setapak sepanjang 1 kilometer mengantar pengunjung untuk menikmati tanaman anggrek dan berbagai jenis tanaman hias dalam pot. Sambil menyusuri jalan setapak pengunjung akan diusuguhi keindahan aneka ragam dan warna anggrek yang membuat mata tak bosan untuk memandangnya.

Sepanjang jalan terdapat gerai anggrek 
Di sepanjang jalan yang menghubungkan antara kavling atau petak-petak kebun anggrek seluas 5.000 meter persegi ini dihiasi pula dengan berbagai tanaman hias dalam pot. Tanaman hias ini dipajang oleh pemilik kavling di depan pintu masuk kavling yang ada di kanan kiri jalan.

Di TAR bunga anggrek dapat tumbuh subur, bahkan budidaya anggrek jenis Phalaenopsis yang banyak dikenal sebagai anggrek bulan ternyata dapat tumbuh dan berbunga dengan indah. Di Taman anggrek yang dibangun sejak 1973 ini pengunjung bisa melihat secara langsung yang dilakukan penganggrek saat merawat dan membudidayakan anggrek dendrobium, phalaenopsis, cattleya, oncidium dan lain sebagainya.

Meskipun ada saja anggrek yang mekar setiap harinya di TAR namun akan lebih indah dan semarak jika berkunjung saat di penghujung musim hujan atau pada bulan Mei - Juli. Sungguh menyenangkan karena warna-warni bunga anggrek yang baru merekah di antara beragam jenis tanaman hias lainnya, amat menyegarkan mata dan menenteramkan hati.
Suasana nyaman untuk jalan jalan
Foto-foto : Tri Mardi Rasa

Koleksi tanaman anggrek di TAR cukup lengkap, di taman ini terdapat berbagai tanaman anggrek dari jenis langka hingga yang persilangan. Di TAR terdapat satu jenis anggrek yang mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu Grammatophyllum Speciosum atau anggrek harimau. Jenis Anggrek ini adalah anggrek terbesar di dunia yang berkembang biak di sela-sela pohon besar.

Panjang anggrek yang juga di sebut sebagai anggrek tebu ini bisa mencapai 4,5 meter. Bahkan pernah tercatat satu rumpun anggrek ini memiliki berat 2 ton. Habitatnya di lingkungan panas, hutan tropis yang lembab. Anggrek ini juga dikenal karena penampilannya yang luar biasa pada saat berbunga, walupun cuma berbunga sekali dalam 2 sampai 4 tahun. 

Jika anggrek ini sedang berbunga dapat bertahan antara 2 - 3 bulan. Bunganya berwarna kuning dengan pola bintik kecoklatan atau merah tua. Stem bunga dapat mencapai hingga 9 inchi dengan kuntum bunga pertangkai bisa sampai 100 kuntum.

Ruang Pamer Pekebun Anggrek

Di TAR terdapat sekitar 42 kavling yang masing-masing kavling memiliki luas 100 meter persegi. Semua kavling ini terisi penuh disewa para pekebun anggrek dan TAR sendiri menjadi semacam showroom mereka. TAR menjadi salah satu sentra pemasaran anggrek, baik dalam bentuk tanaman maupun bunga potong sekaligus salah satu taman hiburan keluarga yang nyaman di Jakarta. TAR juga menjadi sarana mempelajari berbagai seluk beluk pemeliharaan anggrek.

Tidak hanya anggrek, jika mau belajar
tentang tanaman hias 
Nah bila ingin berwisata sambil mempelajari lebih lanjut dan mengenalkan pada anak-anak tentang anggrek dan tanaman hias datanglah ke TAR, karena segala keingintahuan tentang anggrek pun akan terjawab. Demikian pula bagi pengunjung yang ingin mempraktekan hasil pengamatan dan wisatanya selama di TAR bisa membeli anggrek dalam berbagai ukuran yang meliputi bibit botolan, tanaman anggrek yang masih kecil, tanaman anggrek yang sudah berbunga dan sarana perlengkapan yang lain untuk dikembangkan di rumah masing-masing.

Meskipun di buka setiap hari pada jam 08.00 – 17.00 sebaiknya untuk waktu berkunjung yang tepat ke TAR adalah mulai jam 09.00 karena pada jam itu, sebagaian besar kavling sudah siap menerima kunjungan. Mereka akan dengan ramah menemani dan menjawab segala keingintahuan pengunjung kavlingnya.

Belajar Anggrek Lebih Serius

Ada beberapa kegiatan mengenai anggrek
Sebagai tempat wisata, TAR sering juga melakukan kegiatan-kegiatan semisal pameran bunga, pameran anggrek lomba anggrek dan lain sebagainya. Selain itu juga TAR menawarkan kursus budidaya anggrek, konsultasi dan praktik persilangan anggrek di laboratorium yang ada di sini. 

TAR terletak tidak jauh di sebelah timur Kebun Binantang Ragunan atau 150 meter sebelah kiri pintu masuk utama Kebun Binatang Ragunan. Karena letaknya agak terpencil, tak dipungkiri jika banyak warga Jakarta yang belum tahu tentang keberadaan taman anggrek ini. Kebanyakan pengunjung dari luar daerah dan turis asing yang tahu lokasi TAR.

Anggrek tebu yang tumbuh subur
TAR yang dikelola oleh pemda DKI, juga sudah memiliki sarana yang cukup lengkap seperti kantor informasi dan administrasi, balai pertemuan, kios sarana produksi yang menjual berbagai macam kebutuhan untuk pemeliharaan anggrek seperti media tanaman, pupuk, pestisida, kantin, ruang istirahat, MCK, jalan setapak (paving block), laboraturium dan perlengkapannya, hall pameran, lahan perparkiran dan lain sebagainya.

Jadi mo tunggu apalagi, Yuk ke taman anggrek Ragunan

Tri Mardi Rasa







No comments: